Efek Volume Light 3D - Sorot Lampu

Baiklah kita mulai saja membuat efek Volume Light 3D 1. Sebagai langkah awal, kita akan membuat objek lantai yang dibuat dengan menggunakan objek Plane. 2. Buat objek Plane pada viewport Top. 3. Pastikan objek Plane yang Anda buat barusan, masih dalam keadaan terpilih, kemudian buka tab Modify ,Atur !!' 4. Buka Material Editor dengan menekan tombol M dikeyboard. Pilih salah satu slot material dan biarkan dengan warna default. 5. Pastikan objek Plane yang baru Anda buat sebelumnya tetap dalam keadaan terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection Tombol ini berfungsi untuk memasukkan warna/material ke objek terpilih. 6. Sekarang kita akan membuat objek Text. Ikuti petunjuk gambar dibawah. 7. Klik sekali pada viewport Front untuk membuat objek Text. 8. Buka tab Modify dan atur. 9. Masih pada tab Modify, klik Modifier List dan berikan Modifier Extrude 10. Atur Amount = 2. Ini adalah parameter ketebalan dari Modifier Extrude. 11. Tekan tombol M di keyboard kembali dan pilih slot material yang kosong. Anda beri warna hijau lemon atau warna kesukaan Anda yang lainnya. Masukkan ke objek Text yang telah Anda buat sebelumnya. Cara memasukkan warna ke objek sama seperti ketika Anda memasukkan warna ke objek Plane pada langkah sebelumnya. 12. Sekarang kita akan membuat efek lampunya. Kita akan menggunakan Target Spot. 13. Buat pada viewport Front, 14. Buka tab Modify dan aktifkan Shadow On. 15. Atur juga parameter seperti gambar berikut. Parameter ini berfungsi untuk mengecilkan besaran dari Target Spot. 16. Posisi di viewport Perspective 17. Lakukan Render untuk melihat hasilnya sementara. 18. Klik tombol Render. 19. Tutup jendela Render. Pastikan Target Spot yang telah Anda buat masih terpilih dan pada tab Modify, klik tombol Add. Tombol ini berfungsi untuk menambahkan efek Volume Light. 21. Pilih Volume Light dan klik tombol OK. 22. Klik tulisan Volume Light dan klik tombol Setup. 23. Akan terbuka jendela Environment and Effects. Kurangi parameter Density = 3. Density adalah kepekatan dari cahaya. Biarkan parameter yang lain dalam keadaan default. 24. Selanjutnya kita akan menambahkan efek gambar untuk efek volume light-nya. Pada tab Modify, buka rollout Advanced Effects dan klik tombol None. 25. Klik ganda Bitmap. dan klik tombol Open. 27. Atur viewport dengan tombol-tombol navigasi. 28. Anda atur sehingga posisi tampilan viewport Perspective. 29. Lakukan Render kembali. Dan Anda lihat hasil Render akhirnya. 30. Anda juga dapat bereksperimen dengan mengatur posisi Text dengan tombol Select and Move. Atur juga ketebalan Modifier Extrude, nilai Density dan sebagainya untuk mendapatkan variasi dari tampilan Render-nya. hasil'Nya,..:

Selamat mencoba. Tutorial ini diarsipkan di ilmugrafis pada kategori 3DS Max Semoga bermanfaat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar